Selasa, 18 Juni 2013
RPP tentang Memahami perkembanagan Islam di Indonesia
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Satuan Pendidikan : MAN Popongan Klaten
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas / Seemester : XII/I
Pertemuan ke : 2 (kedua)
Alokasi Waktu : 1 X 15 menit
A. Standar Kompetensi
Memahami perkembanagan Islam di Indonesia
B. Kompetensi Dasar
Menjelaskan perkembangan Islam di Indonesia
C. Indicator Pembelajaran
a. Siswa dapat menjelaskan proses masuknya Islam di Indonesia
b. Siswa dapat menjelaskan proses penyebaran Islam di Indonesia
D. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi perkembangan Islam di Indonesia:
a. Mampu mengetahui proses masuknya Islam di Indonesia.
b. Mampu menjelaskan proses penyebaran Islam di Indonesia.
E. Nilai Karakter Yang Dikembangkan
Rasa ingin Tahu, bekerja keras, dan tanggungjawab.
F. Materi Pembelajaran
Islam masuk ke Indonesia pada abad ke-7 atau ke-8 M yang bertepatan dengan abad ke-1 atau ke-2 H. Rute yang dilewati adalah jalur Utara dan Selatan.
Jalur Utara, dengan rute :Arab (Mekah dan Madinah) meliputi ; Damaskus – Bagdad – Gujarat – Srilangka – Indonesia
Jalur Selatan, dengan rute : Arab (Mekah dan Madinah) meliputi ; Yaman – Gujarat – Srilangka – Indonesia
Daerah yang mula-mula menerima Agama Islam adalah Pantai Barat pulau Sumatera. Dari tempat itu, Islam kemudian menyebar ke seluruh Indonesia. Beberapa tempat penyebarannya adalah :
a. Pariaman di Sumatera Barat
b. Gresik dan Tuban di Jawa Timur
c. Demak di Jawa Tengah
d. Banten di Jawa Barat
e. Palembang di Sumatera Selatan
f. Banjar di Kalimantan Selatan
g. Makassar di Sulawesi Selatan
h. Ternate, Tidore, Bacan dan Jailolo di Maluku
i. Sorong di Irian Jaya
Penyebaran Islam di Indonesia yang berjalan secara damai tanpa menimbulkan kekerasan merupakan cerminan hakikat ajaran Islam yang menjadi rahmatan lil-alamin.
Adapun penyebaran Islam yang berjalan damai tersebut menggunakan dua cara, yaitu : Perdagangan dan Perkawinan.
G. Metode dan Strategi
Metode/Strategi: Ceramah, diskusi,.
H. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Dan Tahap Pembelajaran Perincian Kegiatan Nilai-nilai Karakter Waktu
Pendahuluan
1. Guru membuka pembelajaran
2. Guru berdoa bersama-sama dengan siswa
3. Mengecek kehadiran siswa.
Dan mendoakan bagi siswa yang sedang sakit.
4. Guru menanyakan sampai dimana pembahasan materi sebelumnya.
5. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran pada pertemuan ini.
6. Guru mengawali dengan pre-test kepada siswa.
3 menit
Kegiatan Inti
Elaborasi
Eksplorasi
Konfirmasi
1. Guru menguraikan materi pembelajaran
2. Guru memberikan kesempatan kepada siswa yang bertanya.
3. Guru memberi pertanyaan kepada siswa
4. Guru meminta siswa menjawab perorangan
5. Setelah selesai menjawab siswa disuruh berkelompok dua-dua (berpasangan)
6. Guru meminta salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya dan bandingkan dengan kelompok lain.
7. Guru memberikan umpan balik terhadap diskusi dikelas
8. Guru dan siswa bersama-sama menyempurnakan hasil diskusi
Rasa ingin tahu
Tanggung jawab
Kerja keras
Tanggungjawab
10 menit
Penutup
1. Guru bersama siswa menyimpulkan materi pembelajaran
2. Refleksi; guru beserta siswa mengungkapkan kesan mengenai pentingnya mempelajari materi tersebut
3. Guru menginformasikan kepada siswa bahwa pertemuan berikutnya adalah….
4. Guru beserta siswa berdoa dengan esensi agar diberi keberkahan ilmu.
2 menit
I. Penilaian
1. Teknik Penilain
a. Tes lisan
2. Bentuk instrument
a. Tes lisan
Indikator pencapaian Bentuk
Instrument Soal
menjelaskan proses penyebaran Islam di Indonesia Lisan 1. Bagaimana cara proses penyebaran agama Islam di Indonesia?
Mengetahui proses masuknya Islam di Indonesia. Lisan 2. Bagaimana cara masuknya islam ke Indonesia?
J. Sumber Belajar
1. Sumber belajar
a. Buku SKI
Jogjakarta, 4 Mei 2013
Mengetahui,
Dosen Pembimbing Praktikum
Dra. Siti Jauhariyah, M.Pd Muhammad Tasdik
NIP. 19670827 199303 003 NIM.10411081
Lampiran
1. Materi
Islam masuk ke Indonesia pada abad ke-7 atau ke-8 M yang bertepatan dengan abad ke-1 atau ke-2 H. Rute yang dilewati adalah jalur Utara dan Selatan.
Jalur Utara, dengan rute :Arab (Mekah dan Madinah) meliputi ; Damaskus – Bagdad – Gujarat – Srilangka – Indonesia
Jalur Selatan, dengan rute : Arab (Mekah dan Madinah) meliputi ; Yaman – Gujarat – Srilangka – Indonesia
Daerah yang mula-mula menerima Agama Islam adalah Pantai Barat pulau Sumatera. Dari tempat itu, Islam kemudian menyebar ke seluruh Indonesia. Beberapa tempat penyebarannya adalah :
j. Pariaman di Sumatera Barat
k. Gresik dan Tuban di Jawa Timur
l. Demak di Jawa Tengah
m. Banten di Jawa Barat
n. Palembang di Sumatera Selatan
o. Banjar di Kalimantan Selatan
p. Makassar di Sulawesi Selatan
q. Ternate, Tidore, Bacan dan Jailolo di Maluku
r. Sorong di Irian Jaya
Penyebaran Islam di Indonesia yang berjalan secara damai tanpa menimbulkan kekerasan merupakan cerminan hakikat ajaran Islam yang menjadi rahmatan lil-alamin.
Proses penyebaran agama Islam di Indonesia dilakukan dengan banyak cara, diantaranya yaitu:
1. Melalui perdagangan
Pada abad ke 7 M, bangsa indonesia kedatangan para pedagang Islam dari arab, persia, dan india. Hal ini yang menimbulkan hubungan antara dagng antara masyarakat indonesia dan para pedagang Islam. Disamping berdagang, sebagai seorang muslim juga mempunyai kewajiban berdakwah maka para pedagang islam juga menyampaikan dan mengajarkan agama dan kebudayaan Islam kepada prang lain termasuk masyarakat Indonesia.
2. Melalui perkawinan
Para pedagang muslim melakukan aktivitas perdagangan dalam waktu yang cukup lama, banyak dari mereka tinggal dalam waktu yang cukup lama dalam suatu daerah. Hubungan komunikasi yang baik ini tidak jarang diteruskan dengan adanya perkawinan antara putri kaum pribumi dengan para pedagang muslim.
3. Politik
Seorang raja tentu mempunyai kekusaan dan pengaruh besar dan memegang peran penting dalam proses Isalmisasi. Setelah raja dan rakyat memeluk agama Islam, maka kepentingan politik dilakukan dengan cara perluasan wilayah kerajaan, yang diikuti dengan penyebaran agama Islam.
4. Pendidikan
Seluruh da’i , ulama, guru-guru agama, ataupun para kyai juga memegang peranan penting dalam penyebaran agama Islam da kebudayaan Islam. Mereka menyebarkan Islam melalui jalur pendidikan yaitu dengan mendirikan pondok-pondok pesantren.
5. Kesenian
Penyebaran Agama Islam melalui kesenian dapat dilakukan dengan mengadakan pertunjukan seni gamelandan wayang.
Cara-cara seperti ini dapat ditemukan di Yogyakarta, Solo, Cirebon dan lain-lainnya.
2. Evaluasi karakter siswa
Nama Siswa Karakter
Rasa ingin tahu Bekerja keras Tanggungjawab
Bambang irawan
Nur Mujiburrahman
Lely Nur Hidayah S
Ahmad Sri Murtanto
Ahmad Nur Kholis
Putri Darmawati
Yuli Setia Budi
Zakaria Ahmad Aziz AM
Novi Widianti
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
RPP ASMAUL HUSNA 1 LEMBAR KURIKULUM 2013
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Untuk BDR . Satuan Pendidikan : SMP NEGERI 16 YOGYAKARTA Mata Pelajaran ...
-
Akhlak Terhadap Qarib Kerabat dan Tetangga Makalah ini Dibuat Guna Menambah Nilai Mata Kulia...
-
Nama :Muhammad Tasdik NIM :10411073 Mata Kuliah :Managemen Pendidikan Mangemen Pembiayaan Pendidikan Managemen pembiayaan pendidikan merup...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar