Selasa, 18 Desember 2012

teknik sampling


Nama: Muhammad Tasdik
NIM: 10411073
Tentang Populasi, teknik pengumpulan data dan teknik pengambilan sampling
1.      Populasi
Populasi adalah keseluruhan subyek penelitian. Apabila seseorang ingin meneliti semua elemen yang ada dalam wilayah penelitian, maka penelitiannya merupakan penelitian populasi atau studi populasi atau study sensus (Sabar, 2007).
Dalam hal ini contohnya adalah: Populasi dalam penelitian ini adalah petani di Kelurahan Watu apung yang mengolah Kopi luwak dengan teknik penjemuran sebanyak 30 orang dan petani yang mengolah kopi luwak dengan teknik pemanasan sebanyak 20 orang.
2.      Teknik sampling
Teknik sampling adalah merupakan teknik pengambilan sampel. Untuk, menentukan sampel yang akan digunakan dalam penelitian, terdapat berbagai teknik sampling yang digunakan. Secara skematis, akan tetapi disini saya akan menggunakan metode pengambilan sampling  Stratified Random Sampling yaitu yang memproduksi kopi luwak dengan teknik pemanasan diambil sampel 20 orang (100%) secara sensus sedangkan mengolah kopi luwak dengan teknik penjemuran di ambil sampel 15 orang (50%) dari populasi.
3.      Teknik pengumpulan data
Pengumpulan data merupakan bagian yang terpenting dalam suatu penelitian, bahkan merupakan suatu keharusan bagi seorang peneliti. Untuk mendapatkan data yang diperlukan dalam penelitian ini, maka peneliti menggunakan beberapa metode dalam proses pengumpulan data, yaitu:
  1. Observasi, yaitu metode pengumpulan data yang dilakukan dengan cara pengamatan langsung pada objek penelitian.
  2. Wawancara adalah kegiatan diskusi antara peneliti dengan petani untuk mendapatkan informasi
Data yang diperoleh dalam penelitian ini terdiri atas dua jenis :
  1. Data primer yaitu data yang diperoleh dari petani langsung dengan mengajukan pertanyaan secara tertulis untuk mendapatkan jawaban diperlukan oleh peneliti.
  2. Data sekunder yaitu data penunjang yang diperoleh dari lembaga pemerintah setempat dan instansi terkait lainnya.
Variabel Yang Diamati
Dalam penelitian ini, variabel yang diamati meliputi :
  1. Proses pengolahan kopi luwak yang meliputi teknik penjemuran dan teknik pemanasan.
  2. Waktu panen dan pasca panen.
  3. Analisis ekonomi yang meliputi biaya produksi, upah tenaga kerja dan bahan baku.
Teknik Pengolahan dan Analisis Data
Data yang diperoleh dalam penelitian dikumpulkan lalu ditabulasi kemudian dihitung secara persentase, setelah itu dianalisis secara deskriptif. Untuk mengetahui kualitas dari pengolahan Kopi luwak di Kelurahan Watu apung maka dilakukan analisis kimia di laboratorium analitik Unhalu, dibuat dalam bentuk label dan dihitung secara persentase.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RPP ASMAUL HUSNA 1 LEMBAR KURIKULUM 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Untuk BDR . Satuan Pendidikan           : SMP NEGERI 16 YOGYAKARTA Mata Pelajaran                ...