Sabtu, 04 Mei 2019

KATA KERJA OPERASIONAL (KKO) EDISI REVISI TEORI BLOOM


KATA KERJA OPERASIONAL (KKO) EDISI REVISI TEORI BLOOM


RANAH KOGNITIF

MENGINGAT
(C1)
Mengetahui ...... Misalnya: istilah, fakta, aturan, urutan, metoda
MEMAHAMI
(C2)
Menterjemahkan, Menafsirkan, Memperkirakan, Menentukan ... Misalnya: metode, prosedur
Memahami .... misalnya: konsep, kaidah, prinsip, kaitan antara, fakta, isi pokok. Mengartikan Menginterpretasikan ... misalnya: tabel, grafik, bagan
MENERAPKAN
(C3)
Memecahkan masalah, Membuat bagan/grafik, Menggunakan .. misalnya: metoda, prosedur, konsep, kaidah, prinsip
MENGANALISIS
(C4)
Mengenali kesalahan Memberikan .... misalnya: fakta-fakta, Menganalisis ... misalnya: struktur, bagian, hubungan
MENGEVALUASI
(C5)
Menilai berdasarkan norma internal .... misalnya: hasil karya, mutu karangan, dll.
MENCIPTAKAN
(C6)
Menghasilkan ... misalnya: klasifikasi, karangan, teori
Menyusun .... misalnya: laporan, rencana, skema, program, proposal
1
2
3
4
5
6
Menemukenali (identifikasi)
Mengingat kembali
Membaca
Menyebutkan
Melafalkan/melafazkan
Menuliskan
Menghafal
Menyusun daftar
Menggarisbawahi
Menjodohkan
Memilih
Memberi definisi
Menyatakan
dll
Menjelaskan
Mengartikan
Menginterpretasikan
Menceritakan
Menampilkan
Memberi contoh
Merangkum
Menyimpulkan
Membandingkan
Mengklasifikasikan
Menunjukkan
Menguraikan
Membedakan Menyadur
Meramalkan
Memperkirakan
Menerangkan
Menggantikan
Menarik kesimpulan
Meringkas
Mengembangkan
Membuktikan
Dll.

Melaksanakan
Mengimplementasikan
Menggunakan
Mengonsepkan
Menentukan
Memproseskan
Mendemonstrasikan
Menghitung
Menghubungkan
Melakukan
Membuktikan
Menghasilkan
Memperagakan
Melengkapi
Menyesuaikan
Menemukan
Dll



Mendiferensiasikan
Mengorganisasikan
Mengatribusikan
Mendiagnosis
Memerinci
Menelaah
Mendeteksi
Mengaitkan
Memecahkan
Menguraikan
Memisahkan
Menyeleksi
Memilih
Membandingkan
Mempertentangkan
Menguraikan
Membagi
Membuat diagram
Mendistribusikan
Menganalisis
Memilah-milah
Menerima pendapat
Dll.
Mengecek
Mengkritik
Membuktikan
Mempertahankan
Memvalidasi
Mendukung
Memproyeksikan
Memperbandingkan
Menyimpulkan
Mengkritik
Menilai
Mengevaluasi
Memberi saran
Memberi argumen-tasi
Menafsirkan
Merekomendasi
Memutuskan
Dll.

Membangun
Merencanakan
Memproduksi
Mengkombinasikan
Merangcang
Merekonstruksi
Membuat
Menciptakan
Mengabstraksi
Mengkategorikan Mengkombinasikan
Mengarang
Merancang
Menciptakan
Mendesain
Menyusun kembali
Merangkaikan
Menyimpulkan
Membuat pola
Dll.



RANAH AFEKTIF

MENERIMA
Menunjukkan ....... Misalnya: kesadaran, kemauan, perhatian.
Mengakui ......, misalnya: perbedaan, kepentingan

MERESPON
Mematuhi ........ mis.: peraturan, tuntutan, perintah.
Berperan aktif ....., mis: di laboratorium, dalam diskusi, dalam kelompok, dalam organisasi, dalam kegiatan.

MENGHARGAI
Menerima suatu nilai, menyukai, menyepakati.  Menghargai ......... misal: karya seni, sumbangan ilmu, pendapt, gagasan dan saran
MENGORGANISASIKAN
Membentuk sistem nilai. Menangkap relasi antar nilai.  Bertanggung jawab. Mengintegrasikan nilai.
KARAKTERISASI MENURUT NILAI
Menunjukkan ..... mis.: kepercayaan diri, disiplin pribadi, kesadaran moral.  Mempertimbangkan.  Melibatkan diri.
A1
A2
A3
A4
A5
Menanyakan
Memilih
Mengikuti
Menjawab
Melanjutkan
Memberi
Menyatakan
Menempatkan
Dll.
Melaksanakan
Membantu
Menawarkan diri
Menyambut
Menolong
Mendatangi
Melaporkan
Menyumbangkan
Menyesuaikan diri
Berlatih
Menampilkan
Membawakan
Mendiskusikan
Menyatakan setuju
Mempraktekkan
Dll.

Menunjukkan
Melaksanakan
Menyatakan pendapat
Mengambil prakarsa
Mengikuti
Memilih
Ikut serta
Menggabungkan diri
Mengundang
Mengusulkan
Membedakan
Membimbing
Membenarkan
Menolak
Mengajak
 Dll.

Merumuskan
Berpegang pada
Mengintegrasikan
Menghubungkan
Mengaitkan
Menyusun
Mengubah
Melengkapi
Menyempurnakan
Menyesuaikan
Menyamakan
Mengatur
Memperbandingkan
Mempertahankan
Memodifikasi
Mengorganisasi
Mengkoordinir
Merangkai
Dll.
Bertindak
Menyatakan
Memperhatikan
Melayani
Membuktikan
Menunjukkan
Bertahan
Mempertimbangkan
Mempersoalkan
Dll.


RANAH PSIKOMOTOR

MENIRU
Menafsirkan rangsangan (stimulus). Kepekaan terhadap rangsangan
MANIPULASI
Menyiapkan diri secara fisik
PRESISI
Berkonsentrasi untuk menghasilkan ketepatan
ARTIKULASI
Mengkaikan berbagai ketrampilan.  Bekerja berdasarkan pola
NATURALISASI
Menghasilkan karya cipta.  Melakukan sesuatu dengan ketepatan tinggi
P1
P2
P3
P4
P5
Menyalin
Mengikuti
Mereplikasi
Mengulangi
Mematuhi
Membedakan
Mempersiapkan
Menirukan
Menunjukkan
dll


Kembali membuat
Membangun
Melakukan, Melaksanakan, Menerapkan
Memiaio
Mengawali
Bereaksi
Mempersiapkan Memprakarsai
Menanggapi
Mempertunjukkan
Menggunakan’
Menerapkan
Dll.



Menunjukkan
Melengkapi Menunjukkan, Menyempurnakan Mengkalibrasi Mengendalikan
Mempraktekkan
Memainkan
Mengerjakan
Membuat
Mencoba’
Memposisikan
dll

Membangun
Mengatasi Menggabungkan Koordinat, Mengintegrasikan Beradaptasi Mengembangkan Merumuskan, Memodifikasi
Memasang
Membongkar
Merangkaikan
Menggabungkan
Mempolakan
Dll.
Mendesain
Menentukan
Mengelola
Menciptakan
Membangun
Membuat
Mencipta menghasilkan karya
Mengoperasikan
Melakukan
Melaksananakan
Mengerjakan
Menggunakan
Memainkan
Mengatasi
Menyelesaikan \dll.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RPP ASMAUL HUSNA 1 LEMBAR KURIKULUM 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Untuk BDR . Satuan Pendidikan           : SMP NEGERI 16 YOGYAKARTA Mata Pelajaran                ...